Selasa, 19 November 2013. Apa yang berbeda dari hari ini di UGM? Tidak lain karena hari ini adalah periode wisuda terakhir di tahun 2013 disini, Wisuda November J. Alhamdulillah, beberapa sahabat disini meraih toga wisuda itu di hari ini. Diantaranya :

Sahabat seperjuangan di Super Team Biro Khusus Kaderisasi KMT X4

Mereka adalah Tito Rizal Prabowo dan Umi Kulsum Maharani Priandini. Gratuliere! Untuk tim ini saya hanya berekspresi bahwa Kita memang beda dari yang lain. Dari 5 orang di tim ini, justru yang pertama meraih toga wisuda itu adalah Nur Rochman Nabawi. Padahal beliau berasal dari Jurusan Teknik Geologi yang terkenal “sangat penuh keras” perjuangan untuk LULUS-nya. Tapi mungkin itulah yang justru jadi pelecut bagi beliau untuk menjadi yang berbeda. Kalian memang Super. Sampai hari ini saya masih bangga membersamai kalian di Tim BKK KMT X4.
Mohon do’anya untuk kami (Saya, Fajli, Cecep, Mbak Tanti, Lina, Dhita, Uti, dan PH KMT yang lain) yang masih berjuang meraih toga wisuda itu.

  2. Sahabat seperjuangan di SKI JTMI UGM
Lebih tepatnya saat saya diamanahkan disana sebagai Ketua Panitia acara Ramadhan terakhir yang pernah ada di Jurusan Teknik Mesin dan Industri, RAMEIN “Ramadhan Mesin Industri”. Teman seperjuangan yang wisuda pada hari ini adalah Jihad Mujahidin Mahmud, Widhi Yoga Saryanto, Satrio Nugroho, Budi Anggoro (Budi Fordistek-read), Fanny Purwati, Ima Nurmala, Nila Khusnika Sari. Super sekali. Ternyata akhirnya kalian bisa meraih toga wisuda itu di periode terakhir di tahun 2013 ini. Bangga pernah membersamai teman-teman dulu di SKI JTMI. Jargon kita dulu saat Ramadhan tentang Jurusan Teknik Makin Islami itu tetap keren kedengarannya untuk diucapkan.    
3
  3. Rekan Seperjuangan di PKP AAI Teknik UGM
Rekan yang saya dan teman-teman pernah gelari “Mas’ul Lembaga terbaik di tahun 2012” meskipun AAI sebenarnya bukan lembaga. Beliau adalah Muhammad Arief Ariyanto. Masih ingat bagaimana berkorbannya Arief untuk tidak KKN lebih dulu saat menjadi Koordinator PKP AAI Teknik sedangkan kami justru lebih dulu KKN. Ya, Arief membuktikan lebih dulu atau tidaknya KKN bukan jadi indikator meraih toga wisuda lebih dulu atau lebih akhir J. You Prove It Bro. Das ist Super!  
Mohon do’anya Pak Koord untuk kami pejuang PKP AAI Teknik yang masih berjuang untuk segera meraih toga wisuda itu (Saya, Nugraha, Wimas,  Hardy, Bayu, Ema, Feni, Umiyati, dkk).

S4. Saudara seperjuangan di LP Insani Yogyakarta
Tidak lain dua orang yang penuh dengan impian Indonesia masa depan, yakni Ahmad Fikry Mubarok dan Rendy Adriyan Diningrat. Ya, bersama kalian kita sama-sama mengeja dan menganalisis permasalahan umat dan bangsa ini untuk sebuah solusi. Dan saat ini kalian lebih dulu berpindah ke fase realita itu dengan raihan toga wisuda hari ini. Semoga tetap istiqomah dengan segala peran kebermanfaatan itu. Mohon do’anya untuk segera menyusul ke fase yang lebih besar itu bersama saudara-saudara Insani yang lain. Cerah, Slamet, dkk.   

Dan masih banyak lagi memang beberapa rekan yang meraih toga wisuda itu pada hari ini. Ahmad Faqih Mahalli, Didik Hari Purwanto, Kamal Firmansyah, dkk. Selamat selamat dan selamat. Barakallah. Semoga ilmunya memberi kebermanfaatan. Tidak hanya bagi diri kita pribadi tapi juga bagi lingkungan kita.

Inspirasi Wisuda dari rekan-rekan hari ini semakin menjadi lecutan api semangat untuk saatnya membagi fokusan pikiran ini secara tepat. Ya, sampai saat ini memang hal inilah yang harus benar-benar dievaluasi. Beberapa hal masih membuat pikiran dan fokusan ini tertuju pada amanah-amanah lain. Karena bagaimana mungkin pikiran kita bisa nyaman mengejar setiap targetan-targetan Tugas Akhir, ketika masih banyak masalah yang butuh diselesaikan. Ketika masih banyak hal harus senantiasa kita pastikan. Ketika masih banyak hal yang harus diampu secara baik dan berakhir dengan baik. Apalagi itu juga amanah yang harus dipertanggungjawabkan disamping amanah Wisuda ini.

Maka tekad November ini haruslah jadi pijakan loncatan menuju target yang selalu menjadi do’a bersama beberapa rekan-rekan lain.
Februari Ceria..
Bismillah..
Insya Allah..
Allahu Akbar…

Yk.19.11.2013
*sejenak beralih dari simulasi dan g-code tugas akhir
Idzkhir al-Mu’adz