Tiga frase angka tersebut adalah pesan rahasia yang diminta oleh 4 orang Rangers kepada saya. Pesan rahasia yang mungkin berhubungan dengan angka yang akan melekat disetiap biodata saya pada tahun ini, 22 tahun. Hal yang mungkin tidak terasa dari sebuah perjalanan waktu dan hidup kita. Ketika ternyata makin banyak yang menyebut dengan panggilan “Pak”. Padahal rasa-rasanya masih terlalu muda untuk dipanggil “Pak”. Sampai salah seorang rekan bilang, “Nyadar id, ente tuh sekarang udah tua, pantes banyak yang manggil bapak, maklumlah angkatan09”. Yap, mungkin memang benar adanya, berada pada tahun ketiga dikampus setidaknya menjadikan kita sebagai “orang tua” bagi angkatan muda.     

Akan tetapi, semoga makna tidak terasanya pergerakan waktu ini bukan sebagaimana yang Rasulullah katakan tentang salah satu tanda kiamat adalah ketika waktu itu terasa begitu cepat tanpa terasa sedikitpun.

Pesan ini adalah sebuah pesan untuk membuka sebuah bingkisan ukuran 40x50 cm pada jam 22.22.22 WIB. Akan tetapi, juga memohon maaf juga kepada 4 orang rangers karena pada akhirnya baru bisa membuka bingkisan itu pada jam 2.22 WIB menjelang waktu Subuh. Sebuah bingkisan yang berisikan beberapa pesan dan pengingat tentang perjalanan dan orientasi hidup ini. Terimakasih atas nasehat dan bingkisannya. Jujur sampai sekarang masih berpikir bagaimana ceritanya kalian menyusun dan membuat bingkisan itu?

                                           Glosary:
Rangers : panggilan yang disematkan kepada kami, Keluarga Tim Kaderisasi Keluarga Muslim Teknik X4 (Idriwal-Tito-Naba-Lina-Umi).