Beliau selalu mengayuh sepeda ke Masjid. Ketika berpapasan dengan kami selalu menyapa dengan salam hangat penuh do’a. “Assalamu’alaikum”, sapa beliau setiap berpapasan sambil mengayuh sepedanya. Beliau biasanya menjadi imam sholat Dzuhur dan Ashar di Masjid kami. Sekaligus beliau merupakan Ketua Takmir Masjid. Hingga selama beberapa hari kami jarang melihat wajah beliau yang selalu hadir disetiap waktu sholat berjama’ah.  

Hari itu, sungguh Allah Maha Besar Cinta-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang baik, salah satunya beliau insya Allah. Kami mendapatkan kabar duka. Ba’da sholat Subuh berjama’ah. Kami jama’ah Masjid diberikan pengumuman oleh imam sholat Subuh saat itu. “Innalillahi wa inna ilahi roji’un. Telah berpulang ke rahmatullah Bapak Sukiran, Ketua Takmir Masjid Al-Ashri”. Terjawab sudah pertanyaan kami selama beberapa hari. Ternyata beliau sakit dan sempat dirawat inap di Rumah Sakit. Dan hari itu, Allah memanggil beliau dengan kasih sayang-Nya.

Maka bertepatan sesudah pengumuman itu, kami semua jama’ah Masjid bersama-sama menuju rumah duka. Ba’da Subuh, jalanan menuju rumah beliau pun ramai dengan jama’ah Masjid. Bahkan tidak hanya jama’ah Masjid Al Ashri, jama’ah dari Masjid Pogung Dalangan pun ternyata datang untuk ikut menshalatkan jenazah di rumah duka. Satu persatu kami bergantian untuk menshalatkan, apalagi dengan jumlah jama’ah yang hadir di waktu yang sangat jarang terjadi bagi saya untuk menshalatkan jenazah. Ba’da Subuh.

Ukhuwah. Ingatan saya tetiba sampai pada bagaimana Rasulullah SAW dulu mengajarkan tentang persaudaraan. Beliau menyediakan waktu khusus untuk memperhatikan setiap wajah sahabat, jama’ah Masjid Nabawi kala itu. Ketika ada wajah yang beliau periksa tak hadir, Rasulullah SAW akan bertanya kepada para sahabat yang lain. “Kemanakah saudara kita ini?”, tanya beliau ketika ada wajah yang tak biasanya tak hadir shalat berjama’ah. Masih banyak hal yang mungkin belum sempurna bagi kita, terkhusus saya pribadi dalam menauladani beliau. Terutama belajar dari pengalaman berinteraksi bersama beliau, Bapak Sukiran, yang semoga Allah terima ditempat terbaik disisi-Nya.

Semoga Allah menguatkan kita untuk jadi pengikut yang benar-benar mentauladani Rasulullah. Yang menjadikan cinta kepada Rasulullah sebagai tak terpisahkan dari cinta kepada Allah SWT.
Wallahu a’alam bi shawab

Yk.5.4.2015
*sesaat setelah waktu Dzuhur

Idzkhir al-Mu’adz